Klasifikasi
Chapter 6
Gede
Sai Sankara Pratika
Nyoman
Dharma Putra
Program D3 Perpustakaan FISIP
Universitas Udayana
Abstrak
:
Tujuan dari pembuatan
resume ini adalah guna menjelaskan kembali isi dari Chapter 6 itu sendiri
tentang Klasifikasi. Resume
ini akan memberikan informasi mengenai materi apa saja yang ada didalam Chapter
6 yang membahas tentang Klasifikasi. Setelah membaca resume chapter 6 ini
tentang klasifikasi dapat berguna dan bermanfaat guna menambah wawasan lebih
dalam tentang Klasifikasi didalam ilmu perpustakaa.
Kata kunci : Klasifikasi
Resume
Di supermarket atau di
toko-toko, sistem klasifikasi merupakan kegiatan yang mengatur semua barang
yang sama dan terkait bersama-sama di dalam rak-rak sehingga lebih mudah bagi
pelanggan untuk menemukan apa yang mereka inginkan dan mereka cari. Dalam
perpustakaan, tujuan ini bahkan lebih penting. Pertama-tama, sistem klasifikasi
ini penting karena jumlah klasifikasi, dikombinasikan dengan jumlah penulis,
membentuk notasi yang unik yang menjadi simbol lokasi untuk materi. Hal ini
yang membuat nyaman bagi pengguna perpustakaan untuk menemukan bahan-bahan di
rak-rak. Selain itu, sistem ini dirancang agar bahan dari subjek yang sama
dikelompokkan bersama di rak-rak, dengan mata kuliah terkait dekatnya agar dalam
membrowsing dapat dilakukan dengan mudah. Terlebih lagi, dengan simbol yang
unik yang terdapat label pada punggung buku. Apakah teknisi perpustakaan
bekerja di departemen katalog atau dalam pelayanan publik, pengetahuan yang
mendalam tentang skema klasifikasi perpustakaan adalah penting untuk lebih
melayani pengguna perpustakaan. Sebuah sistem klasifikasi menyediakan alat yang
ampuh untuk mengekstrak informasi tidak hanya dari katalog perpustakaan tapi
dari global dalam jaringan pembentukan juga.
The Desimal Dewey
Klasifikasi (DDC) sistem adalah organisasi alat pengetahuan umum yang terus
direvisi untuk mengikuti dengan pengetahuan. Sistem ini disusun oleh Melvil
Dewey pada tahun 1873 dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1876. DDC ini
diterbitkan oleh OCLC Perpustakaan Pusat Komputer Online, Inc OCLC memiliki hak
cipta semua dalam Klasifikasi Desimal Dewey, dan lisensi sistem untuk berbagai
penggunaan. Sistem Dewey Decimal Classification adalah sistem klasifikasi yang
paling banyak digunakan di dunia. alat referensi ini, disebut DDC, sekarang
dalam edisi kedua puluh satu nya, yang diterbitkan pada tahun 1996. sistem ini
digunakan oleh lebih dari 200.000 perpustakaan di 135 negara dan telah
diterjemahkan ke dalam lebih dari tiga puluh untuk bahasa asing. Di Amerika
Serikat, 95 persen dari semua perpustakaan umum dan sekolah, 25 persen dari
semua perguruan tinggi dan universitas perpustakaan, dan 20 persen dari
perpustakaan khusus menggunakan sistem ini. Berbagai utilitas bibliografi dan layanan
online menggunakan sistem DDC sebagai alat pengambilan mereka. DDC adalah
sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan di dunia.
Perpustakaan di lebih
dari 135 negara menggunakan DDC untuk mengatur dan menyediakan akses ke koleksi
mereka, dan nomor DDC yang ditampilkan dalam bibliografi nasional lebih dari 60
negara. Perpustakaan jenis setiap menerapkan nomor Dewey setiap hari dan
berbagi angka melalui berbagai cara (termasuk WorldCat, Online OCLC Union
Catalog). Dewey juga digunakan untuk keperluan lain, misalnya, sebagai
mekanisme browsing untuk sumber daya di web.DDC telah diterjemahkan ke dalam
lebih dari tiga puluh bahasa. Sebuah buku tentang topik internet mungkin
diberikan nomor klasifikasi yang berbeda, menurut DDC 21. Jumlah 004,678 digunakan
jikabuku adalah sebuah karya interdisipliner tentang Internet dan berisi
informasi tentang perangkat keras komputer. jumlah 025,04 informasi tentang
ilmu kompute. Untuk karya yang menggambarkan sumber informasi internet yang
ditujukan untuk disiplin dan mata pelajaran. Semua nomor klasifikasi tiga digit
angka, seperti 000,130, 269, dll Dalam nomor tiga digit, angka pertama
menunjukkan kelas utama, digit kedua menunjukkan divisi, dan digit ketiga
menunjukkan bagian.
Berikut ringkasan yang
jadwal utama dalam volume dua dan tiga. Kelas 000 melalui kelas 500 berada di
menyimpulkan volume dua, dan kelas 600 melalui kelas 900 volume tiga. Untuk
memudahkan tugas menetapkan Dewey nomor, teknisi perpustakaan harus membiasakan
diri dengan jadwal dan pola masing-masing kategori. Dengan memeriksa jadwal
utama, kita akan menemukan bahwa lebih detail mungkin ditambah. Volume empat
berjudul Indeks Relatif. Manual. Indeks Relatif adalah tempat pertama cataloger
akan pergi untuk menemukan jadwal perkiraan rincian.an berikut titik adecimal.
Misalnya, untuk jumlah klasifikasi 378,25. Bagian kedua, Manual, menjelaskan
kebijakan dan praktek bagaimana jadwal dirancang, diperbarui, dan berubah.
Juga, catatan di atas meja untuk bantuan dan saran sehingga siswa katalogisasi
bisa mendapatkan ide yang jelas tentang bagaimana melakukan tugas menantang
sebagai penandatanganan nomor Dewey untuk materi di tangan. Sebuah versi pendek
dari DDC 21, berjudul Ringkas Edisi 13: Dewey Decimal Classification, lebih
sederhana dan dirancang untuk perpustakaan kecil dengan koleksi kecil. Edisi
tiga belas th, diterbitkan pada tahun 1997, didasarkan pada isi dari DDC 21.
DDC 21 juga tersedia dalam CD-ROM untuk tikar disebut Dewey untuk Windows.
Otomatis perpustakaan dapat menggunakan versi ini, yang dari fers teks
pengindeksan penuh, jadwal teks lengkap, notepad pribadi, dan Perpustakaan
Kongres judul subjek terkait dengan nomor Dewey. Pencarian nomor Dewey dibuat
lebih cepat dan lebih efisien bila menggunakan Dewey untuk Windows karena
cataloger dapat mencari dengan kata-kata, frasa, angka, di Klasifikasi istilah
dex, dan Boolean binations com.
Jumlah klasifikasi saja
tidak cukup untuk membuat identifikasi yang unik dari setiap item di
perpustakaan. Dalam katalog, langkah tambahan diambil sebagai menandatangani
sejumlah buku, juga disebut sebagai jumlah penulis, atau jumlah Cutter.
Kombinasi dari nomor klasifikasi dan jumlah buku memberikan setiap item di
perpustakaan notasi yang unik yang menempatkan item di lokasi tertentu. Sering,
notasi termasuk prefiks, yang ditempatkan di atas angka klasifikasi. Yang
paling umum adalah Referensi Refor untuk bahan referensi, J atau Juv untuk
bahan remaja, E atau Mudah untuk koleksi mudah membaca, dll notasi gabungan ini
disebut nomor panggilan, yang adalah apa yang kita lihat pada label tulang
bahan pustaka . Jumlah buku dimulai dengan titik desimal diikuti dengan surat,
yang merupakan huruf pertama dari nama belakang penulis. Jika tidak ada
penulis, huruf pertama dari judul sering digunakan. Berikut surat itu adalah
nilai numerik yang mewakili urutan abjad dari nama belakang penulis. Karena
banyak item mungkin menanggung nomor klasifikasi Dewey sama, jumlah buku
memungkinkan item pada subjek yang sama akan disimpan abjad nama terakhir
penulis.
PERPUSTAKAAN
KLASIFIKASI SISTEM CONGRESS
Perpustakaan sistem Kongres
Klasifikasi adalah sistem kedua yang paling banyak digunakan di Amerika
Serikat, yang digunakan oleh sebagian besar perpustakaan akademik dan
perpustakaan khusus. Banyak dari perpustakaan ini menggunakan sistem Dewey
awalnya tetapi berubah ke Perpustakaan sistem Kongres pada akhir tahun 1960 dan
awal 1970-an. Perpustakaan Kongres Klasifikasi (LCC) sistem membagi pengetahuan
ke dua puluh satu kategori besar, menggunakan surat untuk mewakili
masing-masing bidang subjek. Masing-masing dari jadwal kelas LC diterbitkan
secara terpisah di pamflet untuk tikar. Thein subjek di individual schemesarein
tergantung ently dibuat oleh spesialis subjek dalam setiap bidang dan ada
kedepan tidak jatuh ke dalam pola yang konsisten. Karena sistem ini dirancang
awalnya oleh Perpustakaan Kongres untuk mengatur koleksi sendiri, beberapa
jadwal yang lebih rinci daripada yang lain. Jika diperlukan, setiap jadwal
dapat diperluas dengan mudah dengan menambahkan angka, desimal, dan surat-surat
untuk kelas utama, dan, infact, hal ini dilakukan secara teratur oleh
Perpustakaan Kongres. Setiap jadwal memiliki tanggal publikasi yang berbeda,
dan revisi baru dicetak pada berbeda di tervals. Setiap jadwal di cludes
sinopsis pertama, kemudian jadwal, dan akhirnya indeks. Karena tidak ada umum
atas semua indeks, itu adalah respon si bility dari classifier untuk memilih
jadwal untuk subjek di tangan. Untuk membantu menemukan jadwal yang paling
tepat, LC Klasifikasi Out line menyediakan bantuan umum. Itu Library of
Congress Subject Headings, yang dibahas dalam Bab 5, mungkin digunakan sebagai
indeks karena nomor LC disarankan dicetak setelah hampir semua judul subjek.
Perpustakaan Kongres juga menerbitkan Pedoman Katalog Subjek: Klasifikasi
sebagai praktis, hemat waktu, bagaimana-untuk panduan yang membantu catalogers
nomor klasifikasi tanda LC. Beberapa prinsip-prinsip klasifikasi, mirip dengan
yang dibahas dalam Bab 5, meliputi: mengklasifikasikan karya subjek spesifik,
menggunakan nomor yang paling spesifik yang tersedia; menetapkan nomor sesuai
dengan instruksi dicetak di jadwal; dan mengklasifikasikan sebuah karya dengan
subjek yang lebih luas jika tawaran pekerjaan dengan beberapa mata pelajaran.
BUKU NOMOR UNTUK LCC
Tujuan dari cuttering
adalah untuk menciptakan sebuah nomor panggilan yang unik dengan menyusun sub
pengaturan logis dan teratur dalam kelas. Unsur utama dari jumlah LC panggilan
terdiri dari satu sampai tiga topi ital membiarkan ters diikuti oleh sejumlah
satu sampai empat digit dengan sampai tiga tempat desimal, misalnya, HF5549.5.
Sejumlah Cutter topikal ditambahkan ke jumlah klasifikasi jika identifikasi
luar biasa tepat diperlukan. Perpustakaan Kongres telah menyusun metode sendiri
seperti menulis jumlah buku, juga disebut nomor penulis atau nomor Cutter.
Menyerupai jumlah Cutter dari tabel Cutter-Sanborn, tapi kurang rumit karena
semua rincian disertakan dan kode dengan jumlah klasifikasi LC itu sendiri,
seperti yang dijelaskan sebelumnya. Gambar 6.7 menunjukkan angka cutter yang
dibuat oleh Perpustakaan Kongres. Sebagai praktik umum, Perpustakaan Kongres
telah menambahkan tanggal publikasi ke nomor klasifikasi dan jumlah penulis.
Misalnya, sejumlah panggilan lengkap mungkin terlihat seperti ini: Z693.W94
1991. Z693 adalah nomor klasifikasi LC, mewakili katalog subjek, 0,94 adalah
jumlah penulis untuk Wynar, dan 1991 adalah tanggal publikasi. Dalam MARC untuk
tikar, jumlah LC panggilan ditemukan di lapangan dengan tag nomor 050. Untuk
lokal sebagai ditandatangani nomor LC panggilan, 090 adalah bidang yang tepat.
Ketika nomor klasifikasi penandatanganan dan nomor Cutter, teknisi perpustakaan
harus meluangkan waktu untuk membaca petunjuk dengan hati-hati dan mengikuti
arah tepat. Hal ini menarik dan menantang. Dengan latihan dan pengalaman,
pekerjaan mengklasifikasi materi akan jatuh ke urutan logis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar