Minggu, 26 Februari 2017

Klasifikasi Chapter 6

Klasifikasi Chapter 6



Gede Sai Sankara Pratika
Nyoman Dharma Putra
Program D3 Perpustakaan FISIP Universitas Udayana

Abstrak :
Tujuan dari pembuatan resume ini adalah guna menjelaskan kembali isi dari Chapter 6 itu sendiri tentang Klasifikasi.                                                                                           Resume ini akan memberikan informasi mengenai materi apa saja yang ada didalam Chapter 6 yang membahas tentang Klasifikasi. Setelah membaca resume chapter 6 ini tentang klasifikasi dapat berguna dan bermanfaat guna menambah wawasan lebih dalam tentang Klasifikasi didalam ilmu perpustakaa.  
Kata kunci : Klasifikasi

Resume
Di supermarket atau di toko-toko, sistem klasifikasi merupakan kegiatan yang mengatur semua barang yang sama dan terkait bersama-sama di dalam rak-rak sehingga lebih mudah bagi pelanggan untuk menemukan apa yang mereka inginkan dan mereka cari. Dalam perpustakaan, tujuan ini bahkan lebih penting. Pertama-tama, sistem klasifikasi ini penting karena jumlah klasifikasi, dikombinasikan dengan jumlah penulis, membentuk notasi yang unik yang menjadi simbol lokasi untuk materi. Hal ini yang membuat nyaman bagi pengguna perpustakaan untuk menemukan bahan-bahan di rak-rak. Selain itu, sistem ini dirancang agar bahan dari subjek yang sama dikelompokkan bersama di rak-rak, dengan mata kuliah terkait dekatnya agar dalam membrowsing dapat dilakukan dengan mudah. Terlebih lagi, dengan simbol yang unik yang terdapat label pada punggung buku. Apakah teknisi perpustakaan bekerja di departemen katalog atau dalam pelayanan publik, pengetahuan yang mendalam tentang skema klasifikasi perpustakaan adalah penting untuk lebih melayani pengguna perpustakaan. Sebuah sistem klasifikasi menyediakan alat yang ampuh untuk mengekstrak informasi tidak hanya dari katalog perpustakaan tapi dari global dalam jaringan pembentukan juga.
The Desimal Dewey Klasifikasi (DDC) sistem adalah organisasi alat pengetahuan umum yang terus direvisi untuk mengikuti dengan pengetahuan. Sistem ini disusun oleh Melvil Dewey pada tahun 1873 dan pertama kali diterbitkan pada tahun 1876. DDC ini diterbitkan oleh OCLC Perpustakaan Pusat Komputer Online, Inc OCLC memiliki hak cipta semua dalam Klasifikasi Desimal Dewey, dan lisensi sistem untuk berbagai penggunaan. Sistem Dewey Decimal Classification adalah sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan di dunia. alat referensi ini, disebut DDC, sekarang dalam edisi kedua puluh satu nya, yang diterbitkan pada tahun 1996. sistem ini digunakan oleh lebih dari 200.000 perpustakaan di 135 negara dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari tiga puluh untuk bahasa asing. Di Amerika Serikat, 95 persen dari semua perpustakaan umum dan sekolah, 25 persen dari semua perguruan tinggi dan universitas perpustakaan, dan 20 persen dari perpustakaan khusus menggunakan sistem ini. Berbagai utilitas bibliografi dan layanan online menggunakan sistem DDC sebagai alat pengambilan mereka. DDC adalah sistem klasifikasi yang paling banyak digunakan di dunia.
Perpustakaan di lebih dari 135 negara menggunakan DDC untuk mengatur dan menyediakan akses ke koleksi mereka, dan nomor DDC yang ditampilkan dalam bibliografi nasional lebih dari 60 negara. Perpustakaan jenis setiap menerapkan nomor Dewey setiap hari dan berbagi angka melalui berbagai cara (termasuk WorldCat, Online OCLC Union Catalog). Dewey juga digunakan untuk keperluan lain, misalnya, sebagai mekanisme browsing untuk sumber daya di web.DDC telah diterjemahkan ke dalam lebih dari tiga puluh bahasa. Sebuah buku tentang topik internet mungkin diberikan nomor klasifikasi yang berbeda, menurut DDC 21. Jumlah 004,678 digunakan jikabuku adalah sebuah karya interdisipliner tentang Internet dan berisi informasi tentang perangkat keras komputer. jumlah 025,04 informasi tentang ilmu kompute. Untuk karya yang menggambarkan sumber informasi internet yang ditujukan untuk disiplin dan mata pelajaran. Semua nomor klasifikasi tiga digit angka, seperti 000,130, 269, dll Dalam nomor tiga digit, angka pertama menunjukkan kelas utama, digit kedua menunjukkan divisi, dan digit ketiga menunjukkan bagian.
Berikut ringkasan yang jadwal utama dalam volume dua dan tiga. Kelas 000 melalui kelas 500 berada di menyimpulkan volume dua, dan kelas 600 melalui kelas 900 volume tiga. Untuk memudahkan tugas menetapkan Dewey nomor, teknisi perpustakaan harus membiasakan diri dengan jadwal dan pola masing-masing kategori. Dengan memeriksa jadwal utama, kita akan menemukan bahwa lebih detail mungkin ditambah. Volume empat berjudul Indeks Relatif. Manual. Indeks Relatif adalah tempat pertama cataloger akan pergi untuk menemukan jadwal perkiraan rincian.an berikut titik adecimal. Misalnya, untuk jumlah klasifikasi 378,25. Bagian kedua, Manual, menjelaskan kebijakan dan praktek bagaimana jadwal dirancang, diperbarui, dan berubah. Juga, catatan di atas meja untuk bantuan dan saran sehingga siswa katalogisasi bisa mendapatkan ide yang jelas tentang bagaimana melakukan tugas menantang sebagai penandatanganan nomor Dewey untuk materi di tangan. Sebuah versi pendek dari DDC 21, berjudul Ringkas Edisi 13: Dewey Decimal Classification, lebih sederhana dan dirancang untuk perpustakaan kecil dengan koleksi kecil. Edisi tiga belas th, diterbitkan pada tahun 1997, didasarkan pada isi dari DDC 21. DDC 21 juga tersedia dalam CD-ROM untuk tikar disebut Dewey untuk Windows. Otomatis perpustakaan dapat menggunakan versi ini, yang dari fers teks pengindeksan penuh, jadwal teks lengkap, notepad pribadi, dan Perpustakaan Kongres judul subjek terkait dengan nomor Dewey. Pencarian nomor Dewey dibuat lebih cepat dan lebih efisien bila menggunakan Dewey untuk Windows karena cataloger dapat mencari dengan kata-kata, frasa, angka, di Klasifikasi istilah dex, dan Boolean binations com.
Jumlah klasifikasi saja tidak cukup untuk membuat identifikasi yang unik dari setiap item di perpustakaan. Dalam katalog, langkah tambahan diambil sebagai menandatangani sejumlah buku, juga disebut sebagai jumlah penulis, atau jumlah Cutter. Kombinasi dari nomor klasifikasi dan jumlah buku memberikan setiap item di perpustakaan notasi yang unik yang menempatkan item di lokasi tertentu. Sering, notasi termasuk prefiks, yang ditempatkan di atas angka klasifikasi. Yang paling umum adalah Referensi Refor untuk bahan referensi, J atau Juv untuk bahan remaja, E atau Mudah untuk koleksi mudah membaca, dll notasi gabungan ini disebut nomor panggilan, yang adalah apa yang kita lihat pada label tulang bahan pustaka . Jumlah buku dimulai dengan titik desimal diikuti dengan surat, yang merupakan huruf pertama dari nama belakang penulis. Jika tidak ada penulis, huruf pertama dari judul sering digunakan. Berikut surat itu adalah nilai numerik yang mewakili urutan abjad dari nama belakang penulis. Karena banyak item mungkin menanggung nomor klasifikasi Dewey sama, jumlah buku memungkinkan item pada subjek yang sama akan disimpan abjad nama terakhir penulis.

PERPUSTAKAAN KLASIFIKASI SISTEM CONGRESS

Perpustakaan sistem Kongres Klasifikasi adalah sistem kedua yang paling banyak digunakan di Amerika Serikat, yang digunakan oleh sebagian besar perpustakaan akademik dan perpustakaan khusus. Banyak dari perpustakaan ini menggunakan sistem Dewey awalnya tetapi berubah ke Perpustakaan sistem Kongres pada akhir tahun 1960 dan awal 1970-an. Perpustakaan Kongres Klasifikasi (LCC) sistem membagi pengetahuan ke dua puluh satu kategori besar, menggunakan surat untuk mewakili masing-masing bidang subjek. Masing-masing dari jadwal kelas LC diterbitkan secara terpisah di pamflet untuk tikar. Thein subjek di individual schemesarein tergantung ently dibuat oleh spesialis subjek dalam setiap bidang dan ada kedepan tidak jatuh ke dalam pola yang konsisten. Karena sistem ini dirancang awalnya oleh Perpustakaan Kongres untuk mengatur koleksi sendiri, beberapa jadwal yang lebih rinci daripada yang lain. Jika diperlukan, setiap jadwal dapat diperluas dengan mudah dengan menambahkan angka, desimal, dan surat-surat untuk kelas utama, dan, infact, hal ini dilakukan secara teratur oleh Perpustakaan Kongres. Setiap jadwal memiliki tanggal publikasi yang berbeda, dan revisi baru dicetak pada berbeda di tervals. Setiap jadwal di cludes sinopsis pertama, kemudian jadwal, dan akhirnya indeks. Karena tidak ada umum atas semua indeks, itu adalah respon si bility dari classifier untuk memilih jadwal untuk subjek di tangan. Untuk membantu menemukan jadwal yang paling tepat, LC Klasifikasi Out line menyediakan bantuan umum. Itu Library of Congress Subject Headings, yang dibahas dalam Bab 5, mungkin digunakan sebagai indeks karena nomor LC disarankan dicetak setelah hampir semua judul subjek. Perpustakaan Kongres juga menerbitkan Pedoman Katalog Subjek: Klasifikasi sebagai praktis, hemat waktu, bagaimana-untuk panduan yang membantu catalogers nomor klasifikasi tanda LC. Beberapa prinsip-prinsip klasifikasi, mirip dengan yang dibahas dalam Bab 5, meliputi: mengklasifikasikan karya subjek spesifik, menggunakan nomor yang paling spesifik yang tersedia; menetapkan nomor sesuai dengan instruksi dicetak di jadwal; dan mengklasifikasikan sebuah karya dengan subjek yang lebih luas jika tawaran pekerjaan dengan beberapa mata pelajaran.

BUKU NOMOR UNTUK LCC

Tujuan dari cuttering adalah untuk menciptakan sebuah nomor panggilan yang unik dengan menyusun sub pengaturan logis dan teratur dalam kelas. Unsur utama dari jumlah LC panggilan terdiri dari satu sampai tiga topi ital membiarkan ters diikuti oleh sejumlah satu sampai empat digit dengan sampai tiga tempat desimal, misalnya, HF5549.5. Sejumlah Cutter topikal ditambahkan ke jumlah klasifikasi jika identifikasi luar biasa tepat diperlukan. Perpustakaan Kongres telah menyusun metode sendiri seperti menulis jumlah buku, juga disebut nomor penulis atau nomor Cutter. Menyerupai jumlah Cutter dari tabel Cutter-Sanborn, tapi kurang rumit karena semua rincian disertakan dan kode dengan jumlah klasifikasi LC itu sendiri, seperti yang dijelaskan sebelumnya. Gambar 6.7 menunjukkan angka cutter yang dibuat oleh Perpustakaan Kongres. Sebagai praktik umum, Perpustakaan Kongres telah menambahkan tanggal publikasi ke nomor klasifikasi dan jumlah penulis. Misalnya, sejumlah panggilan lengkap mungkin terlihat seperti ini: Z693.W94 1991. Z693 adalah nomor klasifikasi LC, mewakili katalog subjek, 0,94 adalah jumlah penulis untuk Wynar, dan 1991 adalah tanggal publikasi. Dalam MARC untuk tikar, jumlah LC panggilan ditemukan di lapangan dengan tag nomor 050. Untuk lokal sebagai ditandatangani nomor LC panggilan, 090 adalah bidang yang tepat. Ketika nomor klasifikasi penandatanganan dan nomor Cutter, teknisi perpustakaan harus meluangkan waktu untuk membaca petunjuk dengan hati-hati dan mengikuti arah tepat. Hal ini menarik dan menantang. Dengan latihan dan pengalaman, pekerjaan mengklasifikasi materi akan jatuh ke urutan logis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar